Sejarah tari kontemporer beserta contohnya

Pencipta tari kontemporer

Pencipta tari kontemporer

Fungsi tari kontemporer – Bagi anda para seniman tari, pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama tari kontemporer? Tari kontemporer merupakan sebuah genre tari konser yang menggunakan sistem dan metode yang ditemukan di tari modern dan tari postmodern, serta balet klasik. tari kontemporer menarik tentang teknik tari modern serta filsafat yang lebih baru dari gerakan yang berangkat dari teknik tari klasik dengan menghilangkan sama sekali bentuk dan gerakan terstruktur.

Pelopor tari kontemporer termasuk Isadora Duncan, Ruth St Denis, Doris Humphrey, Mary Wigman, Francois Delsarte, Emilie Jaques-Dalcroze, Merce Cunningham, Martha Graham, Rudolph von Laban, Loie Fuller, Jose Limon dan Marie Rambert. Jenis tari kontemporer juga mendapat julukan lain tari masa kini oleh masyarakat. Tarian ini juga bisa membuktikan bahwa para seniman senantiasa melakukan usaha dalam mengembangkan hasil kesenian nya terutama para seniman tari. Seperti berikut :

Konsep tari kontemporer

Konsep adalah sesuatu yang sangat penting supaya penataan gerak bisa dilakukan dengan tertata dan rapih sesuai konsep yang diinginkan. Dalam tari kontemporer, konsep adalah hal terpenting. Tanpa adanya konsep, maka tidak akan tercipta sebuah tarian kontemporer itu, karena konsep merupakan dasar dari tarian kontemporer. Dalam tari kontemporer, konsep terbagi atas beberapa bagian, diantaranya :

Konsep Musik

Sebelum membuat sebuah gerakan untuk tari kontempore kita harus bisa memilih musik yang benar-benar pas atau cocok dengan tema yang kita ambil. Kita sering menemukan sebuah yang diiringi oleh musik yang diambil dari beberapa potongan lagu. Tidak salah memang, tapi yang harus diperhatikan adalah pemilihan lagu, penempatan urutan dan mixing. Kadang kita terjebak dengan memilih lagu-lagu yang sedang booming atau trend tanpa disesuaikan dengan konsep dan gerakan. Kemudian penempatan urutan lagu pun tidak pas sehingga musik tidak terdengar harmonis secara keseluruhan. Ditambah lagi mixing yang kurang bagus atau tidak balance, hal ini membuat musik secara keseluruhan terdengar naik turun. Perlu diingat bahwa walaupun kita menggunakan iringan musik dari potongan beberapa lagu, tapi upayakan supaya iringan musik tersebut menjadi satu kesatuan.

Menentukan Gerakan

Biasanya bagi pemula merasa bangga dan hebat kalau bisa membawakan sebuah tarian dengan gerakan yang sulit.Mereka lupa bahwa faktor kekompakan pun perlu diperhatikan. Karena dalan tari kontemporer semua anggota tim adalah satu kesatuan yang membutuhkan kekompakan atau kesamaan gerak. Tentunya akan menjadi kurang bagus apabila gerakan itu dipaksakan dan hanya sebagian anggota saja yang bagus dalam membawakannya. Sekali lagi perlu diingat, Tidak semua gerakan yang sulit atau “ribet” akan bagus dan enak dilihat, lalu menang dalam ajang sebuah lomba. Yang terpenting adalah kekompakan, keserasian dan keharmonisan antara konsep, gerak dan musik.

Kostum Dan Property

Kostum dan properti adalah alat penunjang konsep sebuah tarian kontemporer, jadi harus disesuaikan dengan konsep yang diambil. Bukan berarti kostum yang bagus dan mahal akan membuat sebuah tarian akan jadi bagus. Sering kita jumpai dibeberapa pementasan tari kontemporer ada unsur “pemaksaan” dalam memilih kostum, dalam arti tidak sesuai dengan konsep dan gerakan tarian yang dibawakan. Bahkan ada penari yang akhirnya terganggu gerakannya karena menggunakan kostum yang “berlebih”. Usahakan kostum yang digunakan untuk sebuah tarian dibuat sedemikian rupa supaya terlihat nyaman dan cocok dengan konsep tarian.Demikian juga dengan properti, hati-hati bila tarian yang kita bawakan menggunakan properti tertentu karena bisa menimbulkan masalah apabila kita tidak pandai atau salah menggunakannya.Memang betul sebuah tarian akan terlihat indah dan bagus apabila ditunjang dengan kostum dan properti yang proposional.

Di jepang, busana yang digunakan dalam pementasan tari kontemporer bersifat tradisional, dari Negara lain ataupun perpaduan desain antara kostum tradisional jepang dan luar negeri jepang

Detail

Ini adalah bagian terpentingdari sebuah tarian kontemporer. Dalam membuat atau membawakan sebuah tarian haruslah diperhatikan hal-hal kecil sampai dengan hal-hal yang besar. jangan sampai kita menyepelekan hal kecil (detail).

Tujuan Tari kontemporer

Pada dasarnya, tujuan tari adalah sebagai keindahan, sebagai persembahan, tari sebagai alat komunikasi.
Tujuan seni tari kontemporer antara lain :

  • Tujuan Pendidikan, Seni tari kontemporer sebagai media pendidikan misalnya tari kontemporer yang diajarkan di sekolah-sekolah.
  • Tujuan Komunikasi, Seni tari kontemporer dapat digunakan sebagai alat komunikasi seperti pesan, kritik sosial, kebijakan, gagasan, dan memperkenalkan produk kepada masyarakat.
  • Tujuan Rekreasi/Hiburan, Seni tari kontemporer juga bertujuan sebagai sarana melepas kejenuhan atau mengurangi kesedihan, sebuah pertunjukan tari kontemporer khusus untuk berekspresi atau mengandung hiburan, seni tari kontemporer yang tanpa dikaitkan dengan sebuah upacara ataupun dengan seni tari kontemporer lain.
  • Tujuan Artistik, Seni tari kontemporerjuga dapat bertujuan sebagai media ekspresi seniman dalam menyajikan karyanya tidak untuk hal yang komersial, misalnya terdapat pada tari kontemporer. tidak bisa dinikmati penonton, hanya bisa dinikmati para seniman dan komunitasnya.

Contoh tari kontemporer indonesia

Tari Cak Rina

Tarian ini merupakan salah satu jenis tari kontemporer karya seniman Sardono W. Kusumo. Pada awalnya tarian ini diperkenalkan di pulau Bali tepatnya di daerah Banjar Teges, Giyannyar. Tarian Cak Rina mulai dikenal masyarakat pada kisaran tahun 1972.

Tari Setan Bercanda

Masih merupakan salah satu hasil kesenian seniman asal Bali, Tari Setan Bercanda diperkenalkan pertama kali oleh I Wayan Dibia. Tarian ini memang terlihat sangat unik dengan kolaborasi alat musik pengiring sederhana yang terbuat dari pecahan bebatuan dan bambu seperti angklung. Tak heran jika sampai saat ini tarian modern ini sangat diminati oleh masyarakat Bali.

Tari Yapong

Berbeda dengan kedua tari di atas tari yapong yang sangat terkenal ini merupakan hasil karya dari Bagong Kussudiarjo. Tarian ini pertama kali dipentaskan pada acara HUT jakarta yang ke-450.
contoh-jenis-tari-kontemporer-nusantara-tari-yapong

Tari Barong-barongan

Bali memang terkenal sebagai daerah para seniman mulai dari seniman lukis, pahat, dan termasuk pula seniman tari. Tari barong-barongan merupakan tarian kontemporer dari bali yang diciptakan oleh seniman I Wayan Dibia. Keunikan dari tarian ini membuat jenis tari kontemporer garapan I Wayan Dibia menjadi salah satu seni karya anak bangsa yang pantas untuk kita banggakan.

Sejarah tari kontemporer beserta contohnya | sejarah | 4.5