Sejarah dan makna kesenian tari musyoh dari papua

Fungsi tari musyoh papua

Fungsi tari musyoh papua

Tari musyoh dan penjelasannya – Tari Musyoh adalah tari tradisional Papua yang merupakan tarian sakral suku adat yang ada di Papua yang bertujuan untuk menenangkan arwah suku adat papua yang meninggal karena kecelakaan. Suku adat Papua tersebut mempercayai bahwa apabila ada yang meninggal karena kecelakaan, maka arwahnya tidak tenang, sehingga dilakukanlah tarian skral ini (Tari Musyoh) untuk menenangkan arwah orang yang kecelakaan tersebut.

Tari tradisional Musyoh ini diiringi oleh alat musik tradisional Papua yaitu Tifa. Alat musik Tifa ini juga digunakan pada beberapa tarian dari Suku Adat Papua lainnya.

Selain itu, tari Musyoh ini juga digunakan untuk tarian penyambutan tamu atau sebagai wujud ucapan tari selamat datang. Tari ini ditampilkan dengan gerakan ritmis dan dinamis sebagai cerminan kegembiraan hati masyarakat Suku Papua. Pertunjukan tari ini ditampilkan kelompok penari pria dengan busana adat Papua properti tameng dan juga tombak.

Gerakan tari Musyoh ini identik dengan gerakan lincah dan energik seperti gerakan tombak dan tameng dan juga kadang – kadang tarian dengan iringan nada dan juga teriakan yang khas dalam tari Musyoh.

Sejarah dan makna kesenian tari musyoh dari papua | sejarah | 4.5