Sejarah asal usul perayaan april mop

Peringatan april mop

Peringatan april mop

Asal mula april mop – Pada tanggal 1 april adalah hari dimana April Mop dilaksanakan, ada suatu kebiasaan yang harus kita hindari sebagai seorang muslim. April Mop adalah hari di mana orang-orang diperbolehkan untuk berbohong atau memberi lelucon dan menipu orang lain tanpa dianggap bersalah.

April Mop dikenal dalam bahasa Inggris dengan April Fools’ Day. April Mop diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahunnya.

April Mop sebenarnya adalah sebuah perayaan kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam di Spanyol oleh Tentara Salib yang dilakukan dengan cara menipu. Oleh karena itu, mereka merayakan April Mop dengan melegalkan tipu-menipu dan kebohongan walau dibungkus dengan hiburan atau keisengan belaka.

Perayaan April Mop ini berawal dari suatu tragedi besar yang sangat menyedihkan dan memilukan. Sejarah itu di tahun 1487 M, atau bertepatan 892 H.

Penyerangan oleh pasukan salib benar-benar dilakukan dengan kejam dan sadis. Tidak hanya pasukan Islam yang dibantai, namun juga penduduk sipil, wanita, anak-anak kecil, orang-orang tua.

Granada adalah daerah terakhir yang ditaklukkan. Penduduk-penduduk Islam di Spanyol terpaksa berlindung di dalam rumah untuk menyelamatkan diri. Tentara salib mengetahui bahwa banyak muslim Granada yang masih bersembunyi dirumahnya. Dengan lantang tentara salib itu meneriakkan pengumuman, bahwa para muslim Granada bisa keluar dari rumah dengan aman dan diperbolehkan berlayar keluar Spanyol.

Beberapa orang muslim diperbolehkan melihat sendiri kapal-kapal penumpang yang sudah disiapkan di pelabuhan. Setelah benar-benar melihat ada kapal yang sudah disediakan, mereka pun segera bersiap untuk meninggalkan Granada dan berlayar meninggalkan Spanyol.

Ribuan penduduk muslim Granada keluar dari rumah-rumah mereka menuju ke pelabuhan. Beberapa orang muslim Granada tidak mempercayai pasukan salib, mereka memilih bertahan di rumah mereka. Setelah ribuan penduduk muslim Granada berkumpul di pelabuhan, Dengan cepat tentara salib membakari rumah-rumah bersama dengan orang-orang muslim yang masih bertahan di dalam rumah itu.

Ribuan umat Islam yang lain tertahan di pelabuhan, mereka hanya bisa terdiam melihat tentara salib membakari kapal-kapal yang katanya sudah disediakan untuk mereka keluar dari Spanyol. Ribuan umat Islam itu tidak bisa berbuat apa-apa karena mereka tidak memiliki senjata.

Kemudian, tentara salib membantai penduduk muslim Granada tanpa belas kasihan. Seluruh muslim Spanyol di pelabuhan habis dibunuh dengan kejam dan sadis.

Tragedi tersebut bertepatan dengan tanggal 1 April. Hal ini yang kemudian dirayakan sebagai hari April Mop.

Sejarah asal usul perayaan april mop | sejarah | 4.5