Sejarah alat musik tradisional bonang dan cara memainkannya

Gambar alat musik bonang

Gambar alat musik bonang

Asal usul alat musik bonang –¬†Bonang adalah alat musik yang digunakan dalam gamelan Jawa. bonang juga merupakan instrumen melodi terkemuka di Degung Gamelan Sunda. Ini adalah koleksi gong kecil (kadang-kadang disebut ceret atau pot) ditempatkan secara horizontal ke string dalam bingkai kayu (rancak), baik satu atau dua baris lebar. Semua ceret memiliki bos pusat, tetapi di sekelilingnya yang bernada rendah memiliki kepala datar, sedangkan yang lebih tinggi memiliki melengkung satu. Masing-masing sesuai untuk lapangan tertentu dalam skala yang sesuai; sehingga ada yang berbeda untuk bonang pelog dan slendro. Mereka biasanya dipukul dengan tongkat berlapis (tabuh). Hal ini mirip dengan gong memeluk lain di gamelan itu, kethuk, kempyang, dan kenong. Bonang dapat dibuat dari perunggu dipalsukan, dilas dan dingin-dipalu besi, atau kombinasi dari logam. Selain bentuk gong-berbentuk ceret, bonang ekonomis terbuat dari besi dipalu atau kuningan pelat dengan mengangkat bos sering ditemukan di desa gamelan, dalam gamelan Suriname-gaya, dan di beberapa gamelan Amerika.

Jenis-jenis alat musik bonang

Bonang Barung

Bonang ini berukuran sedang, dan beroktaf tengah sampai tinggi. Bonang barung adalah salah satu dari instrumen-instrumen pemuka di dalam ansambel, khususnya di dalam teknik tabuhan pipilan, pola-pola nada yang selalu untuk mengantisipasi nada-nada yang akan datang dan dapat menuntun lagu instrumen-instrumen lainnya.

Pada jenis gendhing bonang, bonang barung ini memainkan pembuka gendhing, yaitu untuk menentukan gendhing yang akan dimainkan dan untuk menuntun alur lagu gendhing.

Pada teknik tabuhan imbal-imbalan, bonang barung tidak akan berfungsi sebagai lagu penuntun, bonang ini akan membentuk pola-pola lagu jalin-menjalin bersama bonang panerus, dan pada aksen aksen penting bonang diperbolehkan membuat sekaran atau lagu-lagu hiasan, umumnya aksen-aksen lagu-lagu hiasan ini akan dimainkan pada akhiran kalimat lagu.

Bonang Panembung

Bonang Panembung ini merupakan instrumen Bonang yang memiliki nada terendah. Pada umumnya nada ini dapat ditemui pada gamelan di Yogyakarta dan Panembung ini hampir sama dengan instrumen slenthem atau juga jenis demung gabungan.

Alat musik bonang panembung ini memiliki satu baris dari enam slendro atau tujuh ceret yang akan terdengar hampir yang sama dengan slenthem pada gamelan gaya Solo.

Bonang Penerus

Bonang ini merupakan bonang yang paling kecil, dan beroktaf tinggi. Pada saat menggunakan teknik tabuhan pipilan, bonang panerus ini akan berkecepatan dua kali lipat dari bonang barung.

Walau untuk mengantisipasi nada-nada balungan, bonang panerus ini tidak berfungsi sebagai lagu tuntunan, dikarenakan kecepatan dan ketinggian wilayah nadanya.

Dalam menggunakan teknik tabuhan imbal-imbalan saat bekerja sama dengan bonang barung, bonang panerus ini akan memainkan pola-pola lagu jalin menjalin.

Sejarah alat musik tradisional bonang dan cara memainkannya | sejarah | 4.5