Pengertian dan asal daerah kesenian tari bondan

Keunikan tari bondan

Keunikan tari bondan

Tari bondan berasal dari – Tari Bondan adalah tari yang berasal dari Surakarta, Jawa Tengah. seorang anak wanita dengan menggendong boneka mainan dan payung terbuka, menari dengan hati-hati di atas kendi yang diinjak dan tidak boleh pecah. Tarian ini melambangkan seorang ibu yang menjaga anak-anaknya dengan hati-hati.

Tari ini dibagi menjadi 3, yaitu Bondan Cindogo, Bondan Mardisiwi, dan Bondan Pegunungan/ Tani. Tari Bondan Cindogo dan Mardisiwi melambangkan seorang ibu yang menjaga anaknya yang baru lahir dengan hati-hati dan dengan rasa kasih sayang . Tapi Bondan Cindogo satu-satunya anak yang ditimang-timang akhirnya meninggal dunia. Sedang pada Bondan Mardisiwi tidak, serta perlengakapan tarinya sering tanpa menggunakan kendhi seperti pada Bondan Cindogo.

Di tahun 1960an, Tari Bondan adalah tari unggulan atau tari wajib bagi perempuan-perempuan cantik untuk menunjukkan siapa jati dirinya. Hampir semua penari Tari Bondan adalah kembang kampung. Tari Bondan ini juga paling sulit ditarikan karena sambil menggendong boneka, si penari harus siap-siap naik di atas kendi yang berputar sambil memutar-mutarkan payung kertasnya. Penari Tari Bondan biasanya menampilkan Tari Bondan Cindogo dan Mardisiwi memakai kain Wiron, memakai Jamang, baju kutang, memakai sanggul, menggendong boneka, memanggul payung, dan membawa kendhi. Untuk gendhing iringannya Ayak-ayakan diteruskan Ladrang Ginonjing. Sedangkan Bondan Pegunungan, melukiskan tingkah laku putri asal pegunungan yang sedang asyik menggarap ladang, sawah, tegal pertanian. Dulu hanya diiringi lagu-lagu dolanan tapi sekarang diiringi gendhing.

Jenis tari bondan

Tari Bondan Payung Termasuk Jenis Tari Upacara dan Tari Rakyat ,Yakni tari penting dalam kehidupan masyarakat. Yang berasal dari daerah jawa TengahSebagai Sarana Upacara pernikahan dan adat istiadat. Yang pada setiap gerakan mempunyai arti dalam kehidupan sehari hari. Tari Bondan terbagi atas 3, yaitu :

  • Bondan Cindogo
  • Bondan Mardisiwi
  • Bondan Pegunungan/Tani

Fungsi tari bondan

  • Sebagai Media Hiburan Masyarakat Sekarang
  • Tari Bondan sebagai media pertunjukan tari unggulan perempuan untuk menunjukkan siapa jati dirinya.
  • Sebagai Sarana Upacara pernikahan dan adat istiadat.
  • Sebagai media komunikasi yakni Memberikan suatu makna tersendiri kepada kaum Wanita .
  • Sebagai Media Penggambaran kehidupan petani kemudian pakaian bagian luar yang menggambarkan gadis pegunungan

Pengiring Tari Bondan

Dalam pertunjukan Tari Bondan ini biasanya diiringi dengan iringan musik gending. Pada awalnya tarian ini diiringi dengan lagu dolanan, namun dalam perkembangannya tarian ini diiringi dengan gending lengkap.

Kostum Tari Bondan

Dalam pertunjukannya, para penari dibalut dengan busana seperti kain wiron, jamang, baju kutang dan dibagian atas memakai sanggul. Namun dalam Tari Bondan pegunungan awalnya menggunakan baju seperti gadis desa.

Properti Tari Bondan

Property yang di gunakan dalam tarian ini biasanya menggunakan payung kertas dan sebuah boneka bayi. Dalam Tari Bondan cindogo ini umumnya menggunakan kendil didalam tariannya, namun untuk Tari Bondan mardisiwi ini biasanya tidak menggunakan kendil didalam tariannya. Selain itu untuk Tari Bondan pegunungan biasanya diawali menggunakan tenggok yang digendong, alat pertanian, dan juga memakai caping pada kepalanya. Namun setelah menari dengan menggunakan alat bertaninya kemudian para penari akan melepaskan baju tani dan caping, kemudian dimasukan kedalam tenggok dan mengganti dengan properti Tari Bondan lainnya.

Perkembangan Tari Bondan

Dalam Tari Bondan ini tidak hanya memiliki nilai-nilai artistik namun juga nilai moral yang dapat kita pelajari di dalamnya. Sehingga harus tetap dijaga dan lestarikan agar tidak hilang seiring dengan perkembangan zaman. Tarian ini memang telah jarang ditampilkan, namun masih dapat kita temui diberbagai festival budaya dalam rangka memperkenalkan kesenian tradisional di Provinsi Jawa Tengah, terutama di Surakarta sebagai daerah asalnya.

Pengertian dan asal daerah kesenian tari bondan | sejarah | 4.5