Daftar alat musik tradisional kalimantan barat

Musik tradisional kalbar

Nama alat musik tradisional kalimantan barat – Kalimantan barat merupakan provinsi ibukota pontianak. Kalimantan Barat juga sering dijuluki dengan daerah seribu sungai, dikarenakan Provinsi tersebut mempunyai ratusan sungai besar maupun kecil yang dilalui oleh kapal-kapal besar.

Kalimantan Barat juga berpotensi dari segi pertanian maupun perkebunan, bagaimana tidak? hasil pertanian Kalimantan Barat semuanya meliputi padi, jagung, kedelai, dan pokok lainnya. Dari perkebunan kita bisa tahu KalBar terkenal dengan karet, kelapa sawit, lidah buaya dan lainnya. Selain berpotensi dari segi ekonomi, perkebunan dan lainnya Provinsi dengan julukan Seribu Sungai ini mempunyai kesenian dan kebudayaan yang sering dicari oleh turis asing (bule). Ditambah dengan adanya alat musik tradisional dari Kalimantan Barat menambah kesan “istimewa”nya sebuah Provinsi yang membuat Indonesia menjadi semakin beragam.

Macam-macam alat musik tradisonal kalimantan barat

Agukng

Agukng adalah alat musik tradisional yang kita kenal sebagai Gong. Alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul ini merupakan salah satu alat musik yang kerap dipakai dan dianggap sakral. Agukng / Gong dapat ditemui hampir di seluruh kelompok Dayak dan dipercaya diturunkan langsung oleh para dewa dari kayangan untuk dimainkan dalam upacara. Instrumen ini dipercaya dapat mengusir roh jahat dan mendatangkan roh para leluhur atau makhluk gaib lainnya. Hal ini karena Agukng suara agukng adalah bunyi yang agung untuk mengiring kedatangan roh para leluhur atau makhluk gaib yang dapat membantu dalam melaksana ritual.

Sapek

Sapek merupakan alat musik yang berasal dari Suku Dayak Kenyah dan Kayaan yang merupakan alat musik mirip seperti gitar dengan ukuran tubuh panjang dan leher yang sangat pendek, memiliki fret 2-3 fret saja yang bisa diger atau dipindah-pindah.

Sapek merupakan alat jenis lutsiter yaitu campuran antara lut yang merpakan berleher,kawat terbentang yang melebihi ukuran tubuh, sedangkan dengan siter merupakan, bentang kawat di tuh Sapek. Sapek juga dihiasi pada bagian kepala berbentuk binatang mitologis seperti burung engang dan anjing yang dianggap mempunyai kekuatan untuk menaklukkan unsur apapun yang akan diganggu.

Biasa Sapek dimainkan sebagai alat musik instrumen untuk mengiringi tari-tari tradisional Kalimantan Barat.

Entebong

Entebong merupakan alat musik yang berasal dari Sekadau Suku Dayak Maulang Kalimantan Barat ,Entebong terbuat dari bahan kayu dan kulit binatang yang memiliki bentuk seperti gendang, dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan kedua tangan seorang pemain.

Balikan

Balikan merupakan alat msik yang berasal dari Kapuas Hulu Provinsi Sumatra Barat yang dimainkan dengan cara dipetik, cara memtiknya pun sama dengan cara memtik gitar pada umumnya.

Terah Umat

Terah Umat merupakan alat musik yang berasal dari Kalimantan Barat yang terbuat dari besi dan mempunyai funsi tidak beda jau dengan alat musik tradisional gamelan jawa. Terah Umat biasanya dimainkan dengan cara dipukul yang menggunakan kedua tangan seorang pemain.
Alat musik Trah Umat dibuat oleh masyarakat Suku Dayak Uut Danum,

Kangkuang

Kangkuang merupakan alat musik yang dibuat oleh Suku Dayak Banuaka yang ada di Daerah Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, alat musik Kangkuang terbuat dari bahan kayu yang diukir sedemikian rupa sehingga terlihat ukiran khas Kalimantan, dan lebih herannya agi alat musik ini juga memliki ukiran yang bisa disebut dengan bentuk yang sangat menyeramkan.

Alat musik ini juga belu lama digunakan oleh Gubernur,Corniles pada saat pembukaan pekan Gawai Dayak ke 32 pada tahun 2017 yang berada di jalan Sultan Syahrir Pontianak.

Kollatung

Kollatung merupakan alat musik yang mirip dengan alay musik Agukng yang berasal dari Provinsi Sumatra Barat, biasanya alatmusik Kollatung terbuat dari bahan tembaga kuninga yang berfungsi sebagai alat musik pembayaran dalam hukum adat Suku Dayak.

Tidak hanya itu saja alat musik tradisional Kollatung juga biasanya digunakan untuk mas kawin pernikahan dan alat bayar membayar dalam huum adat di Skuku Dayak.

Tawaq

Tawaq merupakan alat musik tradisional Kalimantan Barat yang digunakan sebagai alat untuk mengiringi tarian tradisional Suku Dayak, selain digunakan untuk tarian alat musik ini gunakan untuk pengisi acara adar dan bahkan ada juga beberpa orang yang menginginkan alat musik ini ada dipernikahan untuk menabah kesan Kalbar lekat dengan acara tersebut.

Daftar alat musik tradisional kalimantan barat | sejarah | 4.5