Daerah asal dan komposisi tari puspanjali bali

Fungsi tari puspanjali

Fungsi tari puspanjali

Sejarah tari puspanjali dari bali – Tari Puspanjali merupakan tarian yang berasal dari Pulau Bali. Tarian ini di ambil dari kata “puspa” yang artinya bunga. Sedangkan “anjali” memiliki arti menghormati. Jadi tari puspanjali merupakan tarian penghormatan yang di tarikan oleh para penari perempuan yang di ibaratkan seperti bunga. Tarian ini biasanya di tarikan oleh 5 sampai 7 orang penari perempuan.

Gerakan-gerakan tari puspanjali ini sangat lembut lemah gemulai yang dipadukan dengan gerak-gerak ritmis yang dinamis. Tarian ini sebenarnya mengambil inspirasi dari tarian-tarian upacara rejang. Tari Puspanjali juga menggambarkan sejumlah wanita dengan penuh rasa hormat menyongsong kedatangan para tamu yang datang ke pulau mereka.Sehingga para tamu merasa senang dan betah ketika berkunjung ke pulau.

Pencipta tari puspanjali

Tari ini diciptakan oleh N.L.N. Swasthi Wijaya. Selain itu, beliau juga sebagai penata tari puspanjali. Sedangkan I. Nyoman Windha sebagai penata iringan musiknya. Sehingga terbentuklah tari puspanjali yang menarik dan pantas untuk di pentaskan. Dengan gerakan yang ritmis dan lembut membuat para tamu makin meras gembira. Anda sudah menyimak tari puspanjali. Nah, Anda juga harus membaca Sejarah Asal Usul Tari Janger yang tidak kalah bagusnya.

Latar belakang tari puspanjali

Tari Puspanjali dilatarbelakangi oleh kesadaran dua seniman akan keberadaan pulau Bali sebuah pulau yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan, sehingga dengan melalui tarian mampu untuk mendukung potensi wisata di Bali. Selain itu karya yang mereka ciptakan dapat diturunkan kepada generasi penerus.

Gerakan tari puspanjali

Gerakan tari Puspanjali terdiri dari gerak kepala, dan gerakan menyambut tamu dengan berjalan dengan kedua tangan di depan dada. Keramahtamahan kepada tamu digambarkan dengan melalui gerak memutar dan melenggok.

Daerah asal dan komposisi tari puspanjali bali | sejarah | 4.5