Asal usul dan fungsi alat musik tradisional tifa

Alat musik tifa papua

Alat musik tifa papua

Alat musik tifa berasal dari mana – Tifa adalah alat musik pukul. Alat musik tifa berasal dari daerah maluku dan papua, Tifa mirip seperti gendang cara dimainkan adalah dengan dipukul. Terbuat dari sebatang kayu yang dikosongi atau dihilangi isinya dan pada salah satu sisi ujungnya ditutupi, dan biasanya penutupnya digunakan kulit rusa yang telah dikeringkan untuk menghasilkan suara yang bagus dan indah. bentuknyapun biasanya dibuat dengan ukiran. tiap suku di maluku dan papua memiliki tifa dengan ciri khas nya masing-masing.

Sejarah mengenai adanya alat musik Tifa ini sampai sekarang masih belum diketahui secara pasti. Namun, diperkirakan bahwa alat musik Tifa ini sudah ada di daerah Papua dan Maluku sejak jaman dahulu kala.

Hal dapat dibuktikan dari berbagai ritual dan tarian tradisional masyakat di sana yang sudah ada sejak jaman dahulu, dan menggunakan Tifa sebagai pengiringnya.

Selain itu, dikarenakan letak pulau Papua dan Maluku yang saling berdekatan inilah yang memungkinkan terjadinya persamaan diantara budaya mereka, salah satunya adalah alat musik seprti alat musik tifa ini.

Bahan dan cara membuat alat musi tifa

Alat musik tifa dibuat dari sebatang kayu yang bagian tengahnya dilubangi (seperti tabung) sehingga membentuk lubang dan pada salah satu sisi ujungnya ditutupi.

Penutup sisinya biasa digunakan kulit rusa yang telah dikeringkan untuk menghasilkan suara yang bagus dan indah. Bentuknyapun dan desain biasanya dibuat dengan hiasan ukiran. Setiap suku di Maluku dan Papua memiliki tifa dengan ciri khasnya masing-masing.

Bentuk alat musik tifa

Alat musik Tifa pada dasarnya adalah alat musik yang terbuat dari kayu menyerupai tabung dan bagian tengahnya dilubangi. Kemudian salah satu sisinya ditutup dengan kulit hewan yang sudah dikeringkan seperti kulit rusa.

Selain itu pada bagian body Tifa biasanya diukir dengan bentuk ukiran khas daerah masing-masing antara maluku dan papua. Bentuk alat musik Tifa ini jika dilihat sekilas hampir sama dengan Gendang, namun ukuran dan suaranya sedikit berbeda.

Jenis-jenis alat musik tifa

Alat musik Tifa di daerah Maluku dan di daerah Papua pada dasarnya sangat berbeda, terutama pada segi bentuk. Alat musik Tifa di daerah Maluku berbentuk tabung biasa dan tidak memiliki pegangan.

Sedangkan Tifa di daerah Papua biasanya pada bagian tengah lebih melengkung dan memiliki pegangan pada bagian tengah. Alat musik Tifa juga dibagi menjadi beberapa jenis.

Beberapa macam jenis alat musik Tifa seperti :

  • Tifa Jekir
  • Tifa Jekir Potong
  • Tifa Dasar
  • Tifa Potong
  • Tifa Bas

yang biasanya membedakan antara jenis tifa diatas adalah adalah warna suaranya, sehingga saat dimainkan bersama harus disesuaikan dengan suara dan iramanya masing-masing.

Alat musik tifa dari daerah Maluku memiliki nama lain tersendiri, seperti tihal atau tahito yang digunakan di wilayah-wilayah Maluku bagian Tengah.

Sedangkan, di pulau Aru, tifa juga memiliki nama lain yaitu titir. Jenisnya ada yang berbentuk menyerupai drum dengan tongkat seperti yang digunakan di Masjid. Badan kerangkanya terbuat dari kayu yang dilapisi dengan rotan sebagai pengikatnya dan bentuknya berbeda-beda berdasarkan daerah asalnya.

Cara memainkan alat musik tifa

Memainkan alat musik Tifa biasanya disesuaikan dengan jenis Tifa yang dimainkan. Ada yang menggunakan alat pukul, ada juga yang hanya dimainkan menggunakan tangan kosong.

Tidak jauh beda dengan alat musik Gendang, Tifa juga merupakan jenis alat musik yang memiliki satu suara. Sehingga saat dimainkan bersama alat musik lain, Tifa menjadi suara utama dan pengatur irama.

tapi, apabila dimainkan dengan jenis Tifa lainnya, maka harus disesuaikan. Karena setiap jenis Tifa biasanya mempunyai suara yang berbeda antara satu dengan yang lain, sehingga harus dipadukan agar menjadi suatu irama yang baik dan enak untuk didengarkan.

Fungsi alat musik tifa

Alat musik Tifa di daerah Papua dan di daerah Maluku memiliki fungsi yang sama. Tifa biasanya digunakan oleh masyarakat untuk mengiringi upacara adat, pengiring tarian tradisional, atau pengiring lagu. yang diiringi juga dengan alat musik lain seperti totobuang, tarian tradisional suku Asmat dan tari Gatsi.

Untuk mengiringi acara diatas biasanya jenis Tifa yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan, terutama saat mengiringi tarian tradisional. Sebab dalam tarian tradisional jenis musik sangat mempengaruhi gerak dan penampilan tariannya.

Perkembangan alat musik tifa

Sampai saat ini alat musik Tifa masih terus dilestarikan dan dipertahankan oleh masyarakat papua dan maluku. Alat musik satu ini masih sering digunakan untuk mengiringi berbagai acara seperti tarian tradisional, upacara adat, pertunjukan musik dan lain-lain.

Dalam perkembangannya, berbagai variasi dan kreasi dalam memainkan alat musik Tifa juga sering dilakukan di beberapa pertunjukannya. Hal ini tentu dilakukan supaya terlihat menarik, namun harus menyesuaikan dengan gerakan tari atau lagu yang diiringinya.

Perkembangan alat musik Tifa kini tidak hanya dikenal oleh masyarakat di Maluku dan Papua saja, Tifa kini juga mulai dikenal oleh masyarakat luas khususnya di Indonesia, dan luar negri umumnya.

Asal usul dan fungsi alat musik tradisional tifa | sejarah | 4.5